Gethux Siga Ruyuk 1.0, OS Linux Bahasa Sunda


Siapa bilang orang desa ketinggalan zaman atau gagap akan teknologi? Anggapan itu akan hilang dan musnah ditelah zaman teknologi canggih masa sekarang. Sebagai contoh warga Desa Mandalamekar, Tasikmalaya yang mampu membuat operating system (OS) berbahasa Sunda. Namanya Gethux Siga Ruyuk 1.0.

Mengikuti kutipan tulisan di mandalamekar.or.id, situs resmi Pemerintah Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya, Pemerintah Desa tersebut sudah bisa membuat sistem operasi komputer (OS) sendiri. OS berbasis Debian dan turunannya Ubuntu ini nantinya akan digunakan untuk mendukung gerakan Mandalamekar Go Open Source (MGOS).

Dalam pemberian nama OS Gethux Siga Ruyuk 1.0 ini, Pemerintah Desa Mandalamekar menjabarkan nama Gethux bukanlah bermakna nama makanan asli tradisional Indonesia melainkan singkatan dari kata bahasa inggris GET dan TUX yang artinya "Raihlah Kemerdekaan". Siga Ruyuk diartikan sebagai "Versi Belukar", karena desa ini terletak di samping hutan belukar yang masih minim infrastruktur. Bila diartikan secara keseluruhan OS Gethux Siga Ruyuk adalah " Meraih kebebasan ala Kampung Belukar ", sebuah penamaan yang sangat bermakna luas.


Walau masih dalam pengembangan dan baru bisa digunakan Oktober tahun ini, tapi Yana Noviadi, Kepala Desa Mandalamekar optimis,

" Kita ingin menjadikan bahasa Sunda menjadi bahasa komputer. Bila komputer menggunakan bahasa Sunda, banyak warga yang dengan mudah menggunakan teknologi ini untuk meningkatkan kemampuan hidupnya. "

Pengembangan Gethux Siga Ruyuk 1.0 ditargetkan akan selesai dalam Oktober 2011 sehingga masyarakat Jawa Barat bisa menikmati sistem operasi ini secara gratisan. Gethux Siga Ruyuk 1.0 dikembangkan dari basis Debian dan turunannya Ubuntu.

Proyek pengembangan ini dinamakan Mandalamekar Go Open Source (MGOS) yang mengembangkan sistem operasi sendiri atas dukungan Komunitas Gethux Linux yang berpusat di Purwokerto. Pelatihan pemaketan langsung difasilitasi oleh Pri Anton Subardio, Kepala Pengembang Gethux. Gethux sebelumnya sukses mengembangan sistem operasi berbahasa Banyumasan yang telah meraih popularitas di Banyumas dan sekitarnya.

"Saya senang bisa mendukung gerakan MGOS, salut untuk warga Mandalamekar yang komitmen di kemandirian teknologi meskipun mereka hidup di pinggir hutan yang minim infrastruktur," ujar Anton.
Mari kita sama berdoa semoga niat luhur para warga desa Mandalamekar bisa terwujud dan dapat meningkatkan pengetahuan warga desa akan teknologi komputer, semoga.....!!
Berbagi sumber





Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 comments:

Post a Comment

Spamm Comments Will Be Removed

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More