Hugo Boss Desainer Seragam Nazi


Hugo Boss Desainer Seragam Nazi - Hugo Boss sebuah rumah mode berskala internasional asal Jerman, menelusuri sejarah kegiatannya dan menemukan, ternyata mereka ikut mendesain seragam Nazi.
Desainer yang saat ini dikenal dengan label Hugo Boss, melakukan sebuah riset yang hasilnya membuktikan mereka ikut memproduksi seragam tentara Adolf Hitler. Meski begitu, Boss bukanlah penjahit pribadi die fuhrer.

Rumor bahwa Hugo Ferdinand Boss adalah desainer seragam Nazi dan bekerja secara personal untuk Hitler telah beredar selama beberapa tahun ini. Baik oleh media Jerman, maupun media internasional lainnya. Terutama karena Boss kini telah menjadi mereka multinasional.
Hal inilah penyebab Boss Group mendanai riset oleh University of Munster. Sayang, hasilnya tidak dipublikasikan karena Boss menganggapnya kurang bukti dari sisi sejarah. Baru hasil kedua inilah yang akhirnya dipublikasikan.

Dalam buku berbahasa Jerman, ‘Hugo Boss 1924-1945’, dikisahkan peran perusahaan itu dalam pendudukan Nazi. Saat didirikan, perusahaan Boss membuatr seragam untuk Wehrmacht atau angkatan bersenjata, SS atau pasukan keamanan dan Hitler Youth.

Menurut sejarawan Munich yang menulis buku itu, Roman Koster, 40 tahanan perang dari Prancis dan 140 buruh paksa bekerja membuat seragam Nazi di Metzingen. Namun begitu, Hugo Boss tak langsung terlibat.
Ada indikasi, Boss yang meninggal pada 1948, peduli pada pekerjanya dan sering memberi mereka lebih banyak makanan. Koster juga menyatakan, perusahaan Boss membiayai pembuatan buku tersebut dan sama sekali tak berusaha mempengaruhinya agar menuliskan hal-hal baik.

“Dengan segala hormat, Boss Group mempublikasikan buku ini agar masalah ini jelas. Mereka juga ingin menyampaikan permintaan maaf bagi siapapun yang tersiksa bekerja paksa di pabrik Hugo Ferdinand Boss saat kepemimpinan Nazi,” pungkasnya.

Sumber : inilah.com





Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Post a Comment

Spamm Comments Will Be Removed

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More