Keindahan Kain Tenun Dari Aceh

Keindahan Kain Tenun Dari Aceh - Pesona keindahan kain tenun nusantara semakin diakui keberadaan di dunia. Terbukti kain tenun khas Negeri Serambi Mekah ini semakin banyak diminati dan akan ditampilkan di Paris
Kain tenun Aceh saat ini sedang mendapat perhatian, bahkan hingga ke luar negeri. Desainer Indonesia yang terkenal dengan koleksi busana muslim premium Royal Kaftan, Amy Atmanto, dipercaya merancang busana muslim menggunakan kain tenun Aceh untuk ditampilkan di di fashion show International Fair of The Moslem World 2011 di Le Bourget, Paris, Perancis Desember nanti.

Desainer yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Perancang Kebaya Indonesia Amy Atmanto menjelaskan tenun Aceh memiliki ciri khas di motif yang sarat makna.

Seperti motif pintu Aceh yang terinspirasi dari pintu Ka'bah di Mekah, motif pucuk rebung yang mewakili tradisi masyarakat Aceh yakni makanan favorit orang Aceh, juga motif bunga cempaka yang menjadi ciri khas Aceh.

"Soal warna, Aceh identik dengan warna terang yang berani sepreti. Warna-warna khas dari aceh ini selaras dengan tren warna dunia, yang cenderung terang atau neon color," jelas Amy.

Menurut Amy, teknik menenun kain di Aceh yang berbeda dengan kain tenun dari daerah lain, juga menghasilkan kualitas lain. Kain tenun Aceh ditenun dengan gerakan yang perlahan sehingga menghasilkan kain yang lebih lembut. Alhasil, kain tenun Aceh lebih mudah diaplikasikan menjadi busana siap pakai yang nyaman dikenakan sehari-hari.

Sementara itu, tampilnya kain tenun Aceh di Paris, mendapat dukungan penuh dari Pelindung perkumpulan CKA, Mutia Azwar Abubakar. Menurutnya, kain Aceh kaya motif namun memang masih terdapat kendala dalam memproduksinya.

"Bahan baku untuk membuat kain tenun Aceh memang masih sulit, harus membelinya ke Sumatera Selatan, Makassar juga Jawa. Tapi perajin kain tenun Aceh banyak, motifnya pun kaya. Setiap kabupaten memiliki ciri khas motif," kata Mutia.

'Ke depan kain tenun Aceh tak hanya dikenakan untuk acara adat tetapi bisa diaplikasikan sebagai busana siap pakai," ungkap Amy.

Kekhasan budaya dari aceh nyatanya sejalan dengan standar internasional. Apalagi jika tenun ditampilkan lebih modern dengan sentuhan desainer.(inilah.com)

Read More >> Luar Biasa | Ayah Sodomi Bayi Lelakinya; Bambu Dijadikan Ikon Indonesia Terbaru; SIMON : Smartphone Pertama di Dunia




Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Post a Comment

Spamm Comments Will Be Removed

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More